Hmmm... Es Krim Jamu?? Repository: Hmmm... Es Krim Jamu??

Hmmm... Es Krim Jamu??

Barusan saja saat saya lagi asik2 berduaan dengan TA (Tugas Asoy.. Hehe), gak sengaja liat liputan di acara FRIENDS di ANTV. Di liputan tersebut, menayangkan berbagai liputan tentang jamu. Dan liputan yang membuat saya terkesan adalah liputan mengenai bentuk jamu sangat yang unik dan saya benar2 baru tau ada jamu seperti itu. Entah saya yang terlalu kuper, atau memang ide jamu tersebut yang memang baru muncul.. Mudah2an sih alasan yang kedua ya.. hehe..

Es Krim Jamu
Nah yang membuat saya terkesan tuh tidak lain tidak bukan seperti yang tertulis di judul potingan ini, yaitu es krim jamu. Wuaahhhh... Inovasi baru nih. Setelah beberapa bulan sebelumnya saya terkesan juga dengan es krim ubi merah.
Pokoknya, idenya mantep2 buangeeedd. :-)

Di liputan tersebut ditayangkan proses pembuatan es krim jamu, tapi karena saya terlalu terkesan dengan tayangan tersebut jadinya saya tidak memperhatikan langkah2 membuat es krim jamu. Hehe alesan banget ya.. Tapi tenang saja, saya sudah browsing2 dan mendapatkan cara membuat es krim jamu ala Retno Widatidari (pendiri komunitas Honocoro) dari sumber ini yang akan saya tuliskan di postingan ini. Jadi baca terus yaa... Hehe.


Es Krim jamu ini muncul karena tidak sedikit orang apalagi anak2 yang tidak mau minum jamu. Padahal jamu sangat baik bagi kesehatan. Oh iya, jamu yang saya maksud disini adalah jamu tradisional, bukan yang sudah dalam kemasan plastik. Nah karena alasan tersebut maka muncullah ide untuk membuat es krim jamu. Karena banyak orang yang lebih suka makan es krim ketimbang minum jamu. Jadi akan dihasilkan es krim yang lezat dengan aroma yang khas, dengan rasa yang enak dan berkhasiat bagi tubuh.

Nah karena sudah tau manfaat es krim jamu, saya tuliskan kembali resep es krim jamu untuk anda...
Mudah2an orang baik yang muda maupun yang ngaku2 muda, bisa suka dengan jamu, entah yang berupa es krim atau minuman seperti yang biasa ditemui. Dan mudah2an adanya es krim ini bisa menumpas keberadaaan es krim boraks yang banyak beredar di sekitar kita.

Bahan:
1/2 liter beras
1/4 kencur
6 ons gula merah
Serai secukupnya
1/2 kg jahe
6 biji cabai jawa
5 buah peka
6 buah kapulaga
Merica hitam secukupnya
Agas kulosari secukupnya
2 lembar manis jangan

Cara membuat:
  1. Semua bahan digoreng tanpa minyak kecuali gula merah, beras, kencur, serai, dan jahe. Setelah digoreng kemudian diblender, lalu bahan yang telah digoreng tadi dicampur dengan beras yang sudah direndam selama delapan jam kemudian dicampur sama hasil blender tadi lalu disaring.
  2. Kemudian rebus air gula (gula merah) ditambah jahe, serai, dan manis jangan lalu direbus. Setelah mendidih, dicampur dengan beras yang telah diblender tadi, lalu disaring dan menjadi beras kencur cair.
  3. Selanjutnya dibuat es krim dengan cara menaruh semua bahan hasil proses tadi di termos khusus dan di sampingnya diberi garam dan es batu, aduk terus hingga membeku.
Selamat mencoba yaaa.... Hehe...
0 Responses

Silahkan tinggalkan jejak dengan berkomentar... \(^o^)/