Propolis?? Apaan yah? Repository: Propolis?? Apaan yah?

Propolis?? Apaan yah?

Lebah Madu

Pertanyaan yg kayak dijudul ini tuh yg pertama kali muncul saat smsan sama temen. Hahaha.. kuper banget ya saya, sampe2 propolis aja gak tau..

Dia bilang mau ikut seminar propolis. Dan dengan polosnya saya bilang, emang propolis apaan? beneran saya gak tau, hehe kuper soalnya.

Trus temen saya itu bilang katanya propolis itu obat. Pas dibilangin itu ya saya cuma bilang oh obat toh. Dan udah gak bahas itu lagi. Tapi berhubung tadi pas browsing buat nyari tau tentang manfaat tomat, eh gak sengaja nemu link tentang propolis. Akhirnya sekalian buka aja deh link itu, biar nambah2 pengetahuan tentang propolis critanya. hehee... :-)

Nah ini nih informasi yang saya dapet hasil browsing2 di internet tentang propolis....

Propolis adalah produk yang dihasilkan oleh lebah pekerja yang berasal dari resin (getah) bagian tumbuhan. Secara rinci propolis diperoleh dari resin (getah) sebagai bahan dasar yang diambil oleh para lebah dikumpulkan di dalam sarang, lalu dicampur serbuk bunga dan wax serta lendir/air liur lebah (50-55% Resin, 10% Etheric Oil, 5-10% serbuk sari, dan 30% wax). Propolis bersifat lentur. Setiap tahunnya, sekitar 200.000 lebah madu dapat menghasilkan sekitar 20 gram propolis.

Kandungan Propolis

Berdasarkan penelitian ilmiah diketahui bahwa Propolis memiliki kandungan Vitamin B Complex, Vitamin C, Vitamin E, dan Vitamin H. Serta berbagai unsur Mineral/Kalsium, Zat besi, Copper, Chrome, Zink, Silizium, Mangan, hingga Vanadium. Propolis juga mengandung Enzim Bioflavonoid dan Azam Amino essensial dalam jumlah banyak yang menjadi antibiotic alami yang sangat kuat untuk memperkuat system imun tubuh.

Manfaat Propolis
Bagi lebah
Propolis berfungsi untuk membuat sarang mereka steril dan bebas dari serangan jamur, virus, bakteri, serta berbagai macam penyakit. 

Bagi Manusia
Setelah diketahui manfaat propolis yang dapat menjadi zat sterilisasi bagi lebah, manusia mulai menggunakan manfaat propolis ini untuk kesehatan.
Propolis terbukti memiliki keunggulan dari produk kesehatan alami yang lain karena propolis sangat cepat bereaksi ketika ada serangan virus atau kuman. 
Menurut penelitian yang dilakukan oleh para ilmuwan biologi menyebutkan beberapa manfaat propolis sebagai berikut:
  • Propolis sebagai anti bakteri dan anti virus.
  • Propolis dapat mencegah penuaan dini.
  • Propolis dapat melawan Giardia sp. dan Trichomonas sp. dengan berperan menjadi anti parasit- aktif.
  • Propolis dapat menyembuhkan peradangan.
  • Propolis dapat meningkatkan imunitas tubuh dengan menstimulasi produksi anti bodi.
  • Propolis sebagai anti tumor dan dapat memberikan perlindungan dari paparan radiasi.
Hmm...ternyata propolis bisa mencegah penuaan dini ya? boleh dicoba tuh, hahaha....
1 Response

Silahkan tinggalkan jejak dengan berkomentar... \(^o^)/