Tomat, Kecil Buahnya Besar Manfaatnya Repository: Tomat, Kecil Buahnya Besar Manfaatnya

Tomat, Kecil Buahnya Besar Manfaatnya

Tadi rencananya beli makan buat makan malem yang ada sayurnya, eh tapi apa mau dikata... Sayurnya tinggal dikit. Akhirnya ya udah deh beli makanan tanpa ada sayurnya. Tapi abis itu kepikiran buat beli jus... Sebagai pengganti sayur lahh. Tak ada sayur, buah pun jadi. hehee.. :-p
Tomat


Pas sampe di penjual jus buah, disana saya bingung. Ada jus alpokat, mangga, tomat... Haduh mau pilih yg mana nih?
Dipikir2 kalo saya beli jus alpokat nanti malah kenyang banget gara2 minum jus dan nasi yg saya beli gak dimakan. Kalo beli mangga, pasti agak asem2 gitu dan sekarang lagi gak pengan yg asem2. 
Takut menci2, :-)
Akhirnya dengan segenap tekad yang ada, haha lebay saya pilih jus tomat buat menemani nasi yang udah saya beli sebelumnya...


Lagi enak2 nunggu jusnya dibikinin, tiba2 otak saya kepikiran gini: 
Kok selama ini saya milih jus cuma bukan karena saya udah bener2 tau manfaatnya tapi lebih karena saya lagi mood pengen yg asem2 lah, pengen yg mengenyangkan lah, ato yg lain. Nah sekarang saya harus bener2 tau nih... Apa sih manfaat dari buah2 yg dibikin jus itu, minimal jus yg sedang saya pesan.
Gara wangsit itulah akhirnya saya browsing2 di internet lewat Om Gugel tentunya. Dan ini nih hasil yang saya dapat tentang jus tomat yang akan saya minum ini...


Tomat atau dalam bahasa latin disebut Lycopercisum Esculentum memiliki 2 warna, yakni merah dan hijau. Dan keduanya memiliki perbedaan kandungan Vitamin C dan A yang bermanfaat untuk meningkatkan kekebelan tubuh. Tomat merah ini sangat baik dikonsumsi anak-anak sejak dini demi kesehatan mata dan lebih meningkatkan imunitas terhadap berbagai penyakit yang menyerang.
Kandungan Vitamin A+C Tomat Merah = 5 x Kandungan Vitamin A+C Tomat Hijau

Kandungan lycopene yang terdapat pada buah tomat memiliki khasiat membantu mencegah kerusakan sel yang dapat mengakibatkan kanker leher rahim, kanker prostat, kanker perut dan kanker pankreas. Lycopene adalah suatu zat antioksidan yang dapat menghancurkan radikal bebas dalam tubuh akibat rokok, polusi, dan sianr ultra violet. Lycopene dapat ditemukan juga pada anggur merah, semangka dan pepaya. Namun, lycopene yang paling banyak terdapat pada buah tomat yang berwarna merah.

Rasa asam yang ada pada Buah Tomat sangat membantu mengembalikan nafsu makan dan disarankan tomat dimakan setiap pagi sebanyak satu atau dua buah untuk mereka yang sedang PMS (Pre Menstruasi Symdrome) ataupun bagi mereka yang mengalami mual. Namun apabila tidak kuat dengan rasa masamnya, jangan pernah memakannya karena hal itu hanya memperburuk keadaan meskipun tomat tersebut sudah dalam bentuk minuman olahan seperti jus. 

Para peniliti juga menyebutkan bahwa tomat olahan sebenarnya memiliki manfaat yang jauh lebih banyak daripada dimakan mentah-mentah, karena lycopene yang dikeluarkan saat tomat tersebut diolah lebih banyak daripada yang dimakan langsung. Sayangnya meskipun kandungan lycopennya berlimpah, pasta tomat dan saus tomat yang dijual dipasaran sudah banyak dibubuhi bahan tambahan makanan seperti pewarna atau pengawet sintetis. Bahan tambahan ini justru merangsang munculnya banyak radikal bebas yang memicu kanker.
Dan berikut ini adalah beberapa manfaat buah tomat selain yang dijelaskan diatas :

  • Membantu menurunkan resiko gangguan jantung.
  • Menghilangkan kelelahan dan menambah nafsu makan.
  • Menghambat pertumbuhan sel kanker pada prostat, leher rahim, payudara dan endometrium.
  • Memperlambat penurunan fungsi mata karena pengaruh usia (age-related macular degeneration).
  • Mengurangi resiko radang usus buntu.
  • Membantu menjaga kesehatan organ hati, ginjal, dan mencegah kesulitan buang air besar.
  • Menghilangkan jerawat.
  • Mengobati diare.
  • Meningkatkan jumlah sperma pada pria.
  • Memulihkan fungsi lever.
  • Mengatasi kegemukan.
Wah ternyata banyak banget manfaat tomat yah... Buahnya kecil, tapi jangan liat ukurannya, liat manfaatnya besar dan banyak banget... Subhanallah banget.
Sekarang saatnya saya minum jus tomat yg sudah saya beli, biar mengatasi kegemukan. Ups... hehe mari minum... ^o^
1 Response
  1. Bali Tour Says:

    Artikelnya sangat menarik dan penuh dengan informasi :)


Silahkan tinggalkan jejak dengan berkomentar... \(^o^)/