Java Heap Space Repository: Java Heap Space

Java Heap Space

Ini postingan pertama saya yg berbau programming nih. Hahahaha...
Langsung aja ya..
Cerita awalnya gini nih. Berhubung saya masih kuliah dan termasuk angkatan gak muda lagi (baca: angkatan akhir), jadi mau gak mau saya musti bercinTA dulu biar keluar dari kampus saya ini sesuai jalur bukan lewat jalur DO, hohooo...
Nah karena saya kuliah di jurusan informatika, lagi2 mau gak mau saya musti bikin program buat TA saya. huhh... padahal saya ogah banget buat koding. Tapi ya mau gimana lagi karena mau gak mau sih ya.. haha..
Ya udah deh, akhirnya saya pilih deh tu JAVA buat bikin Tugas Akhir saya. Padahal saya belum pernah bikin program yg kompleks pake JAVA. haha nekad banget ya. Tapi saya punya teman yg jago JAVA. Akhirnya saya berguru deh sama dia.

Eh pas kemaren, saya sengaja buat ngerjain sendiri (soalnya udah mulai ngerti dan biar gak tergantung sama temen saya itu) tiba2 ada error kayak gini nih...



Huaaa... ini kenapa ni??? kok ada heap space gini...
Temen saya yg ngajarin saya JAVA juga pernah bilang soal heap space gitu. Tapi yg namanya masih amatiran dalam JAVA yaa saya iya2 aja. hehe... Yang saya inget, pas temen saya bilang kalo nanti muncul error gara2 heap space brarti memorynya dah habis dan mesti nambah memory lagi...
Haduhh inget kata2 temen saya malah pusing sendiri. Masa saya musti nambah RAM?? padahal udah lumayan, udah 2 GB...

Ya udah, karena saya ogah buat nambah RAM dan saya pikir mungkin masih ada cara lain yg masih bisa saya lakukan tanpa beli RAM lagi. hehe.
Langsung deh saya browsing2...
Taraaaaa.... Akhirnya saya dapet deh info2 tentang heap space gitu. Dan ternyata heap space itu terjadi karena alokasi memory yg buat jalanin program java saya udah dipake semua, alias abis. Dan cara mengatasinya tuh gini:
  1. Kurangi pembentukan object yg ada dalam program. Yang gak perlu, di hapus aja. Ya udah deh saya hapus deh tu method2 yg gak dipake yang di dalemnya ada  pembentukan object. Eh tapi kok tetep aja heap space... Hadehh
  2. Nah yg ini, berhubungan sama alokasi memory buat jalanin program java yg saya bikin. Oh ya, saya buat program JAVA pake NETBEAN. Jadi cara yg kedua ya alokasi memory lewat NETBEAN, kalo tools lain saya belum tau caranya. Langkah2nya gini: Pilih menu RUN -- SET PROJECT CONFIGURATION -- CUSTOMIZE. Trus nongol deh PROPERTIES dari project yg saya bikin. Trus isikan -Xmx512m di kotak isian VM OPTION. Yang artinya memory maksimum yg dialokasikan untuk running program java adalah 512MB. Setelah itu udah deh... Akhirnya program saya berjalan dengan lancar dan heap space gak pernah nongol lagi deh. hehe Alhamdulillah yah...

Wuihh akhirnya selesai juga yah postingan saya tentang programming JAVA. hehe mudah2an bisa posting hal seperti ini lagi. Aamiin..
Bukankah gak akan ada langkah ke seribu tanpa di awali langkah yg pertama??
3 Responses
  1. Anonymous Says:

    babah jebule.. salam kenal hahaha
    esih error bah... 1024 gak mau, 512 masih kurang.. T.T nangis darah...


  2. kye sapa sih??
    daning ngerti babah napa yah... #penasaran

    Coba dilipat gandakan maning oh... ben memory ne nteng. hahaha


  3. Younghest == hesti kayane tah... terkonang... haha


Silahkan tinggalkan jejak dengan berkomentar... \(^o^)/