Blackberry, Si Kecil yang Bermanfaat Repository: Blackberry, Si Kecil yang Bermanfaat

Blackberry, Si Kecil yang Bermanfaat

Blackberry
Kemaren diminta temen buat nemenin dia ke Institut Teknologi Bandung (ITB), TBI, Jonas, dan ke Dokter Gigi. Wah bakalan jadi hari yg panjang dan melelahkan nih... :-p
Tapi saya gak akan bercerita panjang lebar tentang perjalanan saya kemaren. Cerita yang diawal tadi cuma untuk mengawali postingan ini aja, hehe.. :-)

Langsung aja ya...
Setelah muter2 ITB agak lama cuma buat ke Career Development Center (CDC)-nya, akhirnya ketemu juga. Dan sebelum ke tujuan selanjutnya (TBI), saya dan teman saya itu shalat dulu di Mesjid Salman ITB. Itung2 bersyukur udah ditunjukkan jalan buat nemuin CDC-nya ITB, hehee... lebay juga yah. Tapi emang harus bersyukur kok, soalnya perjuangannya terasa banget. Nanya sama orang, eh ada yg gak tau, ada yg tau tempatnya tapi ngasih jalannya muter2, dan ada yg bener2 tau.  ^_^ Hahahaa pengalaman menarik lah pokoknya...

Nah setelah shalat, kita butuh asupan gizi. Hahaha maklum abis keliling ITB. Akhirnya saya dan teman saya memutuskan buat beli jus yg ada dekat Mesjid tsb. Ada 2 pilihan jus, yaitu jus strawberry dan blackberry. Nah disitu bingung saya. Pengennya sih blackberry, soalnya seumur2 belum pernah nyobain tuh yang namanya jus blackberry. Tapi pas dilihat, harganya lebih mahal dari strawberry. Kalo pake duit sendiri mah ga papa. Lha ini mau dibayarin temen. Gak enak hati juga kalo minta yg mahal2, hehe.. Tapi ternyata teman saya itu pengertian banget, ato mungkin bisa baca pikiran saya kali yah (beuh ngeri juga kalo gitu. :-p). Akhirnya teman saya memesan 2 jus blackberry.
Yess!!! Alhamdulillah... keinginan terwujud. Akhirnya bisa ngrasain jus blackberry juga.. hahaa.. \(^o^)/


Pas lagi dibikin tuh saya iseng2 buka2 tempat penyimpanan buahnya, hehe. Pengen tau juga bentuk blackberry tuh kayak apa. Soalnya kalo kata temen saya itu blackbery tu kayak anggur. Awalnya saya gak percaya. Tapi pas ngeliat aslinya, memang kaya kumpulan anggur kecil2 banget. Ukurannya sih hampir sama kayak strawberry. Nah, sekarang saya dah tau bentuknya dan siap merasakan jusnya, soalnya dah jadi juga sih. Beuh...pas dirasain, hmmm... manis!! asemnya ternyata gak seasem strawberry.
Setelah jusnya abis tuh baru kepikiran buat cari tau manfaat blackberry, hehe telat yah.. ga papa deh. Mending telat daripada gak tau sama sekali. Pembelaan diri..
Akhirnya saya browsing2, dan dapet lah info tentang manfaat blackberry seperti dibawah ini...


Buah blackberry atau buah black rasberry banyak ditemukan di kawasan timur Amerika Utara, pantai Pasifik, Kepulauan Inggris, dan Eropa Barat. Blackberry mempunyai kemampuan menyerap radikal oksigen (ORAC), melawan radikal perosokil, superoksida, hidrogen peroksida, radikal hidroksil, dan singlet oksigen tersebut. Ada 7 manfaat blackberry bagi kesehatan:

1. Memperkuat daya tahan
Kandungan vitamin C yang cukup banyak membuat buah blackberry direkomendasikan untuk dikonsumsi manusia oleh sejumlah pakar kesehatan dunia. Ursula Arens, pakar nutrisi senior dari Inggris menyatakan bahwa vitamin C berguna untuk sistem kekebalan tubuh, kesehatan jantung dan menurunkan tekanan darah.


2. Kesehatan pencernaan
Selain kaya akan vitamin C, buah blackberry juga memiliki serat yang sangat tinggi dibandingkan dengan buah lain. "Serat sangat penting bagi usus agar berfungsi dengan baik dan membantu mempertahankan berat badan yang sehat, di samping juga meningkatkan kesehatan dengan membantu menurunkan kolesterol," kata Arens.

3. Sembuhkan luka
Senyawa Tanin yang terdapat pada Blackberry berfungsi untuk menyembuhkan luka. Sarah Wilson, pakar gizi dari Princess Grace Hospital, London, mengungkapkan bahwa mengoleskan buah beri pada kulit yang terluka akan mengencangkan jaringan sehingga membantu menyempitkan pembuluh darah dan mengurangi perdarahan.

4. Membantu melawan sel kanker
Senyawa kimia C3G (atau biasa dikenal sebagai flavonoid) yang terdapat pada buah blackberry secara uji klinis terbukti efektif melawan kanker kulit dan kanker paru-paru. Tidak hanya itu saja, anthocyanin atau sekelompok pigmen pada tumbuhan yang memiliki sifat antioksidan mampu untuk menghambat pertumbuhan sel tumor.

5. Menyehatkan mata
Manfaat kelima dari blackberry adalah melindungi mata dari pembentukan makul, yang merupakan daerah paling sensitif terhadap cahaya dan terletak di belakang retina. Hal ini dapat terjadi karena buah blackberry memiliki kandungan lutein yang membantu mencegah kerusakan mata yang disebabkan oleh radiasi ultraviolet.

6. Pembentukan tulang
Satu genggam buah blackberry memberi Anda hampir setengah asupan harian mangan yang direkomendasikan. Sebagaimana diketahui, mangan merupakan sumber mineral yang paling baik. "Mangan membantu membentuk jaringan ikat tubuh, penting untuk membangun struktur tulang yang kuat," ujar Wilson.

7. Meningkatkan pertumbuhan sel
Manfaat ketujuh dari buah blackberry adalah untuk pembelahan dan pertumbuhan sel sehat. Salah satu zat yang dibutuhkan dalam hal itu adalah folat, atau biasa dikenal sebagai vitamin B9 atau asam folat dimana buah blackberry memilikinya. Sejumlah pakar kesehatan bahkan menganjurkan wanita hamil mengonsumsi buah ini agar risiko bayi lahir cacat semakin mengecil.



Wah sepertinya manfaat kelima itu langsung terasa saat minum jus blacberry deh...
Tapi gak tau juga, itu berasal dari buah blackberry atau karena ada cewek cantik berjilbab berplat D yg lewat yaa.... hahaha... yg jelas menyehatkan mata!!! :-)
0 Responses

Silahkan tinggalkan jejak dengan berkomentar... \(^o^)/