Tak Sebaik yang Terlihat... Repository: Tak Sebaik yang Terlihat...

Tak Sebaik yang Terlihat...

Pernah beberapa kali saya dengar, penilaian positif teman2 kepada saya...

Kadang saya merasa biasa aja, tapi lebih banyak ngerasa senang sih akan hal tersebut. Wajar aja ya, siapa sih yg gak senang kalo disanjung?? Tapi entah, sanjungan tersebut berasal dari penilaian yg sesungguhnya dari teman2 saya, atau cuma sekedar sanjungan biar saya seneng? kasian banget kalo alesannya yg kedua yah...  Disamping ngerasa senang akan penilaian orang, terkadang saya juga merasa risih. Entah terbebani atau semacamnya. Karena saya tau, bahwa saya sebenernya gak sebaik yg mereka katakan.
Mereka bisa menilai saya sebaik itu, bukan karena perilaku saya yg memang sudah sebaik itu. Tapi mereka cuma melihat perilaku yg baik2 saja. Karena saya yakin, Dia masih menutupi aib saya makanya kebanyakan yg terlihat itu baik...

Makasih banget ya Allah...  
Kebanyakan orang gak siap, jika orang yg mereka nilai baik, ternyata gak sebaik yg dipikirkan. Entah bagaimana jika kejadian seperti itu menimpa saya. Saya cuma takut mengecewakan teman2 saya, terutama keluarga. Oleh karena itu, sering saya katakan ke teman yg menilai saya baik seperti ini...
"Saya gak sebaik itu kok... Beneran. Saya bisa jadi orang yg paling baik sedunia. Bisa juga jadi orang yg paling jahat sedunia. Jadi jangan kaget jika suatu saat itu terjadi ya..."
Saya lebih baik mengatakan seperti itu. Daripada mereka kecewa dengan penilaian mereka terhadap saya. Dan daripada mereka tertipu dengan saya yg seolah2 tampil baik dihadapan mereka...

Tak hanya penilaian positif, tapi terkadang juga ada penilaian negatif yg pastinya penyampaiannya sangat2 diperhalus. Tapi yg namanya penilaian negatif ya sebaik apapun caranya, tetep aja itu penilaian negatif. Dan kebanyakan orang tidak suka dirinya dinilai negatif oleh siapapun...
Kadang emosi muncul. Saya juga terkadang ngalamin seperti itu. Tapi karena saya berprinsip, selagi masih bisa bersabar menghadapi apapun, mengapa harus emosi? Disela2 emosi yg saya pendam, sering kali saya mikir, apa iya saya seburuk itu sampai2 teman2 saya bisa menilai saya seperti itu?
Hmmm... saya pun merenung sejenak.
Kadang penilaian negatif dari teman itu ada benarnya, meskipun tak senegatif yg mereka perkirakan. Entah itu sebuah pembelaan ato bukan yaa saya juga gak tau, hehe. Tapi tentu saja, saya hanya memegang prinsip seperti ini...
Niat hati seseorang itu gak keliatan dari luar. Gak bisa diliat dari tampilan luarnya. Usaha yg dilakukan seseorang untuk meraih suatu hal juga gak sepenuhnya terlihat oleh kita. Jadi tentu saja, penilaian dari orang lain itu gak bakalan tepat.
Jika memang penilaian negatif itu mendekati kebenaran, saya dan pastinya juga dengan kebanyakan orang akan berusaha semaksimal mungkin untuk memperbaiki yg jelek2 itu. Bukan untuk terlihat baik di mata orang lain biar bisa dinilai baik sama orang lain loh yaa.... Tapi lebih dari itu, semua perbaikan itu dilakukan demi diri sendiri. Gak ada orang yg mau terus2an jadi orang yg gak baik kan?? Penilaian baik itu cuma hadiah mas bro... 

Sering kali kita berpikir, lebih baik dinilai lebih rendah dari nilai diri kita sendiri. Dalam artian begini, lebih baik kita dinilai buruk sama orang lain, tapi sebenernya kita tak seburuk itu, bahkan jauh lebih baik.. Karena dengan dinilai buruk/negatif, maka diri kita ini seolah2 terpacu untuk membuktikan bahwa kita gak seburuk itu... Dan jika memang kita seburuk itu, maka kita bisa berubah menjadi lebih baik.

Tapi sekarang, saya berprinsip...
Jadikan penilaian itu sebagai motivasi sekaligus amanah...
Jika kita dinilai baik, entah sebenernya kita sebaik itu atau gak sebaik itu. Maka anggap penilaian itu sebagai amanah. Anggap itu seolah2 teman2 percaya kita tetap atau bisa sebaik itu. Dan jangan kecewakan siapapun orang yg telah mempercayai kita....
Jika kita dinilai buruk oleh orang lain, entah sebenernya kita seburuk itu atau gak seburuk itu. Maka jadikan itu sebagai pemacu yg bisa memotivasi kita untuk menjadi pribadi yg lebih baik. Anggap itu sebagai saran yg bisa membuat kita lebih baik dari sekarang... 

Moga kita bisa jadi pribadi yg semakin baik dari waktu ke waktu....

Sampai jumpa dipostingan selanjutnya....
0 Responses

Silahkan tinggalkan jejak dengan berkomentar... \(^o^)/